Platform Game Menggunakan Smartcontract Polygon Mumbai Testnet dan Opensea Testnet Dalam Ekosistem Jaringan Ethereum
DOI:
https://doi.org/10.36706/jres.v5i1.98Keywords:
Game, Smartcontract, Polygon mumbai testnet, Metode Extreme programmingAbstract
Dalam era perkembangan teknologi yang pesat saat ini, terutama dengan koneksi internet yang semakin luas, terdapat berbagai inovasi yang signifikan. Salah satu contoh nyata dari perkembangan teknologi ini adalah Blockchain. Blockchain memiliki ciri khas dalam cara penyimpanan data dilakukan. Keunikan utama dari Blockchain adalah tidak memerlukan pengungkapan data pribadi pengguna untuk mengakses aplikasi tertentu. Teknologi ini digunakan untuk memfasilitasi berbagai transaksi di dalam jaringan terdesentralisasi, termasuk mata uang kripto, serta memiliki potensi besar untuk diterapkan di berbagai sektor industri, seperti logistik, kesehatan, dan permainan. Salah satu contoh implementasi Blockchain adalah dalam industri permainan, yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan data transaksi di dalam permainan.
Penelitian ini melibatkan penggunaan smart contract dari blockchain Polygon Mumbai Testnet sebagai alat pencatatan transaksi dan OpenSea Testnet sebagai apresiasi kepada pengguna selama permainan. Penelitian ini membutuhkan dua komponen utama, yaitu sistem blockchain sebagai backend dan sistem permainan sebagai antarmuka pengguna (frontend). Metode pengembangan yang digunakan adalah extreme programming
Kedua sistem tersebut dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript untuk pembuatan sistem permainan dan integrasi antara sistem blockchain dan permainan, sementara bahasa Solidity digunakan untuk membangun smart contract dalam blockchain. Pengujian sistem dilakukan dengan metode black box, dan hasilnya menunjukkan bahwa fungsi-fungsi sistem telah diuji secara valid. Data yang telah divalidasi digunakan untuk menguji kepadatan jaringan berdasarkan zona waktu aktifitas Asia dan Eropa.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem blockchain yang diimplementasikan dalam permainan berhasil berjalan dengan baik. Pengguna dapat dengan mudah melacak data transaksi dan hadiah yang mereka terima dalam permainan tanpa risiko kebocoran data pribadi
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2023-11-22 (2)
- 2023-11-09 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Rekayasa Elektro Sriwijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.